rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Sabtu, 19 Maret 2011

ya Allah, bolehkah aku berkata "aku lelah"..??? (20062010)

YA ALLAH, BOLEHKAH AKU BERKATA "AKU LELAH"..???
ditulis tanggal 20 juni 2010
di putnuimutthea.multiply.com


Bismillahirrahmaanirrahiim..
Heeeeeeeeeeeu,,,tampaknya postingan ini bakal berisi keluhan-keluhan.. Bukan untuk berlama-lama mengeluh, insya Allah, tapi untuk sekedar sebentar saja meluapkan isi pikiran..
Hmmmm,,,hari ini 21 juni,,10 atau 11 hari menjelang keberangkatan ke Ciamis, kecamatan Cimaragas, tepatnya ke desa Raksabaya.. Ngapain?? Yaaah,,untuk melalui bulan Juli di sana.. "berlibur" bersama 16 teman lain dari berbagai fakultas di desa tersebut..
KKNM,,itu lah namanya...KULIAH KERJA NYATA MAHASISWA katanya..bagaimanakah itu?? gak tau,,,sy gak tau... Apa yang udah disipakan put?? gak tau, bahkan saya gak tau persis apa aja yang harus disiapkan untuk dibawa jadi bekal 1 bulan itu...
Yap,,sementara beberapa teman lain sudah mempersiapkan apa aja yang mau dibawa,udah belanja ini-itu, udah pulang kampung untuk meminta doa restu orang tua sebelum KKNM, udah tenang-tenang aja setelah semua agenda perkuliahan selesai..Tapi saya disini malah masih bergulat dengan kamar kosan..bolak-balik kosan-kampus-dan tempat2 lainnya..berkutat dengan laptop dan sebagainya.. Yang lain udah bisa ke kampung halaman, tapi saya masih harus ke kampus...yang lain udah mulai jarang ke kampus, tapi saya masih jadi pengunjung kampus sejati bahkan di hari libur..haha, lebaaay...
Yah ini lah kenyataannya...ketika ibu nelp dan bilang "put, ibu mau ke jakarta, main ke PRJ yu ama wawa,,ntar zidane juga nyusul"...or bilang "pulang ath put, kan udah gak ada kuliah"..ajakan2 itu harus saya jawab dengan "maaf bu, gak bisa pulang sekarang". Heeeeeu...
Yah,,inilah kenyataannya..masih banyak agenda diluar perkuliahan yang masih harus saya urusin..amanah-amanah yang sementara akan saya tinggal selama KKNM... Pergi pagi2, pulang pas udah gelap...tiap hari ada jarkom or sekedar sms untuk ngingetin ini-itu..pagi berangkat dengan semangat dan sore pulang ke kosan dengan tepar..sarapan dilewat, makan siang dijama' dengan makan malam.. Iyah, hal-hal itulah yang membuat saya dan teman-teman "pencinta kampus" lain masih bertahan di sini.
ya Rabb,,bolehkah saya berkata "saya lelah"?? saya benar-benar lelah..saya gak sekuat yang orang-orang kira, saya pun bisa mencapai titik lelah. Saya gak setegar yang orang-orang mungkin pikir, saya pun bisa mencapai titik penat. Maka, bolehkah saya berkata "saya lelah", ya Rabb??
suatu hari saya pernah baca notes fb salah seorang kakak tingkat yang hari-harinya sedang disibukkan dengan mengurus skripsinya,,beliau menuliskan lirik lagu Ipang – Teruslah Bermimpi (OST Sang Pemimpi)...begini  liriknya:

Apa yang kau takutkan
Dengan semua ini
Bukankah kesedihan
Sering kita alami
Keadaan ini
Buat kita terbiasa

Dengarkan ku bicara
Teruslah bermimpi
Walau kenyataannya jauh berbeda
Teruslah bermimpi
Jangan berhenti

Percayalah
Lelah ini hanya sebentar saja
Jangan menyerah
Walaupun tak mudah meraihnya

Menghentikan pikiran dengan mata terpejam
Menunggu malam bisa hapus kenyataan
Biar saja mimpi jauh membawa kita

*Percayalah, Lelah ini hanya sebentar saja. Jangan menyerah, Walaupun tak mudah meraihnya. Tetap tersenyumlah biar semakin mudah. Karenakesedihanpun ternyata hanya sementara...
Sungguh, berkali-kali saya dapet petuah bahwa jangan menyesal telah memilih jalan ini, jangan menyesal untuk memutuskan terjun dalam kesibukan ini.. Mereka bilang pasti akan datang hari dimana saya akan menuah buah dari apa yang saya lakukan sekarang.. Mereka terus menyemangati saya,,menyemangati teman-teman saya..Namun gak bisa dibohongi, saya juga merasa kelelahan itu..dan saya yakin teman-teman saya juga merasa kelelahan...
Iyaaah,,karena sejatinya LELAH adalah suatu yang manusiawi, kompensasi atas kegiatan-kegiatan yang dilakukan tubuh... Sekuat apapun fisik seseorang, pati ia akan merasakan titik lelah itu. NAMUN, bagaimana menyikapi titik lelah itu,,itulah yang membuat berbeda...
Tamparan keras buat saya, ketika saya terlibat dalam kepanitiaan di luar kampus fakultas beberapa hari lalu..di situ saya melihat orang-orang luar biasa..yang mungkin entah berapa jam saja yang ia pakai untuk tidur..terus berkarya dan berprestasi... Entahlah apa dia pernah mengeluh, namun dalam semangatnya mengisyaratkan sebuah pernyataan "inilah waktunya bergerak dan bekerja"... Yah,,apakah saya dengan kesibukan yang "baru segini aja" udah membuat saya stress??membuat saya lelah hingga berfikir ingin berhenti dan mengikuti jejak para camper lainnya...Apakah saya masih pantas untuk bertanya kepada Allah yang Maha Perkasa tentang apakah saya boleh berkata "saya lelah"??
Entahlah apa jawaban Zat Yang Maha Rahman dan Rahim,,,yang jelas saya harus makin menggencarkan semangat dalam diri saya bahwa "apa yang saya lakukan sekarang akan saya petik buahnya nanti dan orang lain yang tidak melakukan apa yang saya lakukan sekarang tidak akan memetik buah yang akan saya petik nanti...Dan tentunya apa yang tidak saya lakukan sekarang tidak akan saya petik buahnya nanti"...
Lihatlah put,,lihatlah orang-orang sukses itu..merekalah oarang-orang yang menyiapkan kesuksesannya kemarin..Orang yang terus bersemangat saat kepenatan pikirannya..Orang yang terus berkata "SAYA BISA"..Orang yang menatap masa depan dengan optimis..Orang yang berani mermimpi..dan orang yang terus tersenyum diantara kelelahannya. Di suatu kesempatan, saya mendengar Ustadz Acep bertanya pada peserta "Hari ini milik siapa?", peserta menjawab "milik saya", namun salah menurut Ustadz Acep..ternyata jawabannya adalah "Hari ini adalah milik orang yang sudah merencanakan kesuksesannya hari-hari kemarin"...Subhanallah..
Lalu, apa yang membuat ragu lagi untuk terus melangkah walaupun kelelahan itu terus membuntuti??? Ingatlah put,,LELAH INI HANYA SEBENTAR SAJA...
Wallahu'alam bishshawab...

0 komentar:

Posting Komentar