rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Jumat, 18 Maret 2011

..muMpuNg masiH muda.. (21112008)

...MUMPUNG MASIH MUDA...
ditulis tanggal 21 november 2008
di putnuimutthea.multiply.com




Hari slasa minggu yang lalu gw abis rihlah bareng panitia MAI yang lain, di saung tempat kita istirahat, Danil, PJH dari acara rihlah MAI ini, ngomong ke kami semua yang hadir di situ “kalo menurut saya, kapan lagi si kita bisa gini, mumpung masih muda... Ok, sekilas omongannya biasa aja, tapi bagi gw itu ga biasa. Dimana banyak anak muda lain malah bilang “mumpung masih muda,,seneng2 aja dulu”.

Masa muda??apa c? menurut gw masa muda itu suatu masa dimana idealisme sangat tinggi,usia produktif untuk berkarya dan melakukan sesuatu. Hampir semua anak muda punya sifat ini…tapi dimana semuanya itu ditempatkan,,itulah yang membuat berbeda… icon “mumpung masih muda, seneng2 aja dulu” ga aneh di telinga kita..tapi apa semua setuju? Gw yakin ga semuanya setuju. Tapi klo gw c setuju2 aja,,dengan catatan, senang2 dalam hal positif. Seneng2 bareng temen2 diskusi, berorganisasi, nyusun acara, ikut kajian/pelatihan, dan banyak hal positif lainnya. Semuanya bisa menyenangkan kok,,tergantung gimana kita nyikapinnya..apakah sebagai beban, amanah, tanggung jawab atau seneng2? Kalo kita ngegabungin semuanya, itu baru menyenangkan. Amanah yang kita dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan bersenang hati serta dengan didasari niat karena Allah, insya Allah pasti semuanya terasa menyenangkan, jauh lebih menyenangkan dari pada seneng-seneng yang biasa dilakuin ma anak muda jaman sekarang, yang sia-sia dan ga dapet ridho Allah.

Hehe,,kenapa c gw tiba2 ngomongin ini? Coz gw lagi gemes banegt liat keadaan di sekitar gw…Gw bukan orang yang pinter berorganisasi,,pas SMA gw malah pasif dalam organisasi, gw cuma ikut ECLAIRS, kegiatan lainnya lebih gw fokusin ke les2,,beda dengan waktu SMP. Tapi begitu masuk dunia baru di kampus ini, semuanya terasa beda,,,yang gw liat dari lingkungan ini “if you choose to be silent, you will get nothing. If you choose to just stand on your place, you will left behind. If you have no experience, you will be nothing”. Semuanya nuntut untuk kerja, kerja dan kerja.Ok, semua punya kemampuan dan kemauan untuk bergerak dan bekerja, yang jadi masalah lagi,,itu ga kan bertahan lama klo ga dibarengi 3 hal niat, komitmen dan tanggung jawab. Gw pribadi pernah ngrasain senengnya kerjasama bareng orang2 yang bertanggung jawab, tapi gw juga pernah ngrasain dongkolnya kerja bareng orang2 yang egois. Gw ngomongin ini karena ada 2 hal yang bertolak belakang yang gw liat akhir2 ini: PERTAMA… gw lagi sebel banget ma temen gw yang lagi sering menghindar dari tugasnya dengan berbagai alasan yang (menurut gw) agak dibuat-buat. Awal-awalnya gw biarin aja, coz (sedikit banyak) gw tau sifatnya emang gitu. Tapi lama- lama gemes juga, dan kemaren2 ini gw cecer dy dan ngingetin kalo amanah bakal ada pertanggungjawabannya,,dan di saat dia dah kepepet dengan jawabannya sendiri, berdalihlah dia dengan menyalahkan orang lain “salah si A (ketua) kenapa waktu dari awal saya ngundurin diri dari kepanitiaan ini ga dibolehin”. Salah si A? jadi bukan salah dia? Lalu apa ntar waktu Allah minta pertanggungjawaban atas tugasnya dia bisa berdalih seperti itu lagi? KEDUA: gw liat temen2 gw yang lain, yang super sibuk, yang bener2 membagi waktu antara kuliah dan kegiatan kemahasiswaan. Yang melaksanakan amanahnya dengan rasa tanggung jawab dan niat karena Allah. Yang unik (menurut gw) adalah salah satu temen gw, dimana dia dapet amanah di bidang yang ngga dia inginkan dan harus bekerjasama dengan cowo semua,,tapi dia nglakasanain itu semua hingga terlihat dia yang paling bertanggung jawab diantara temen2 lainnya yang 1 bidang.. itulah kenapa gw mikir sekecil apapun amanah, harus tetep kita jalankan… 

Awalnya gw ga pernah kepikiran tentang hal2 yang kaya ginian, tapi proses ngajarin gw,,bahwa sekecil apapun amanah, pasti ada pertanggungjawabannya, baik di dunia maupun di akhirat. Sekali lagi,,,NIAT,KOMITMEN dan TANGGUNG JAWAB lah yang mendasari kemauan dan kemampuan kita untuk menjalankan sesuatu. Klo kita mau dan mampu, tapi niat kita salah+komitmen dan tanggung jawab ga kita punya,,semuanya ga kan berjalan sebagaimana mestinya… semua ada pertanggungjawabannya,,itulah hidup kita…

Buat yang baca,,,ini cuma opini gw,,,pemikiran2 yang muncul dari hasil pikiran gw dengan melihat dan merasakan fenomena di sekitar gw.. Fenomena2 yang ngebuat gw seneng, marah, kesel, cape..JADI,,maaf ya klo ada yang ga sependapat… 
Wallahu a’lam bishawab…


Mumpung masih muda,,,ayo “bersenang-senang” … !!! 

0 komentar:

Posting Komentar