rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Sabtu, 30 April 2011

KKN itu..hmm...

Bismillaahirrahmaanirrahiim..


"teteh
o** disuruh konsul ke teteh ttg kkn
gimana cara ngadepin ank ********* "


Itu pertanyaan dari salah seorang adik yang mengawali perbincangan kami via chat FB siang ini.
Ya,,adik tingkatku ini memang akan segera menjalani masa KKNnya di bulan Juni-Juli tahun ini.


Pertanyaan itu mengingatkan masa setahun lalu: masa menjelang KKN.
Haha..benaaar..udah 1 tahun berlalu..gak kerasa...rasanya baru kemarin pulang KKN *lebay! :D


Yaa,,itu memang benar-benar 1 tahun yang lalu. Saat saya -yang gak ada persiapan apapun- dipaksa temen kosan untuk segera daftar KKN online...Gak ada persiapan janjian ama sapa-sapa, gak ada persiapan kira-kira tempat yang bagus dimana, gak ada persiapan apa-apalah pokoknya waktu itu. Jelas aja bingung, dan cuma karena teman itu bilang "kita 1 kecamatan aja put, biar deketan, di desa aku jatah anak FKep nya dah penuh", maka bismillah saya pilih "Kabupaten Ciamis...Kecamatan Cimaragas..Desa B**** (lupa apa nama desanya)".
Daaan ternyata baru saya sendiri yang dari FKep..baru besoknya nongollah 2 teman saya anak Fkep lainnya. Kami gak deket, cuma kenal...
Hampir tiap hari ngegcek nambah sapa aja temen KKNnya..dan beberapa minggu kemudian dapet info kalau desanya dipindah jadi desa RAKSABAYA..Laaah,,makin bingung... -___-"


Haha...itulah cerita awal KKN setaun lalu..nostalgila sedikit...Masa-masa menjelang KKN adalah masa-masa penuh kekhawatiran, hehe.. Khawatir meninggalkan amanah, dan yang paling penting adalah : kekhawatiran "kaya gimana ya temen2nya" dan "gimana ya tinggal di desa itu"... Yaah,,kekhawatiran-kekhawatiran lain pun tercipta: "nanti gimana kalo gini, nanti gimana kalo gitu, nanti gimana kalo anak ini gini, nanti gimana kalo di desanya begitu, dan lain-lain-lainnya..". Tapi toh kekhawatiran itu gak berpengaruh apa-apa, saya pun tetap harus berangkat KKN bersama 16 teman lainnya, dari berbagai fakultas.


Lepas dari "zona nyaman", itulah tantangannya. Mungkin selama ini saya nyaman-nyaman aja dengan suasana sehari-hari di kampus ataupun lingkungan dimana saya biasanya ada. Tapi sekali lagi, inilah tantangannya! Hidup satu bulan bareng 16 teman baru di suatu tempat yang baru berakibat saya banyak belajar, belajar hal-hal yang gak didapat di "zona nyaman" saya.


Di KKN itu, saya belajar bagaimana berusaha menjadi tamu yang baik di daerah orang. Embel-embel "mahasiswa UNPAD" emang membuat kami jadi "sorotan" di daerah itu. Rasanya kemana aja kami melangkah pasti mata-mata di situ pada ngeliat. Lengkungan di bibir (alias senyum) selalu kami coba kembangkan. Kadang seneng karna dibalas senyum lagi (atau bahkan dibalas sapaan hangat), tapi kadang kesel juga karna dicuekin, haha...


Di KKN itu, benar-benar belajar hal-hal yang gak keduga. "Belajar bersama masyarakat", itulah tema dari KKNM Unpad periode Juli 2010. Berusaha mempersembahkan sesuatu untuk kemajuan desa itu. Walaupun "kecil", semoga bisa bermanfaat. Karna gak mudah merubah sesuatu hanya dalam waktu 1 bulan.. 


Di KKN itu, saya bukan hanya belajar bagaimana menghargai  pendapat orang tapi juga bagaimana menghargai kebiasaan orang. Huah,,16 kepala berarti 16 pemikiran dan 16 kebiasaan,,semuanya unik-unik. Alhamdulillah, banyak belajar dari mereka. Dari mereka yang meninggalkan kesan tersendiri di hati ini, yang meninggalkan banyak kenangan di memori ini...Segala kehawatiran di awal itu, semua berubah menjadi rasa syukur..rasa syukur bisa dipertemukan dengan mereka... :)



..omesh..winda..debush..vivi..anto..dee..arif..luthfy..kaka..yono..amey..
..Lya..meida..indra..zaky..

eh,,ketinggalan..sang fotografer...si BLEK...haha...




Let me say "Thanks Allah I found them.." :D

0 komentar:

Posting Komentar